Profil Rental Motor Jogja

Rental Motor Jogja "Mandiri Motor" merupakan usaha persewaan sepeda motor di Jogja yang berdiri sejak tahun 2009. Usaha ini kemudian terus berkembang menjadi persewaan sepeda motor terbesar di Yogyakarta. Mandiri Motor menyediakan rental sepeda motor di wilayah jogja untuk keperluan wisata maupun perjalanan dinas kantor dan keperluan seminar.

Sumber Majalah Duit 58 03/VII/Maret 2012

 KELILING KOTA YOGYAKARTA, SELAIN NAIK BECAK, PALING ASYIK NAIK MOTOR. BANYAK TEMPAT BISA DIKUNJUNGI DALAM WAKTU SINGKAT DAN LEBIH HEMAT PASTINYA. NAH, DI MATA TUMPAL PANDAPOTAN SINAMBELA, INI BISA JADI PELUANG BISNIS. IA MENAWARKAN PENYEWAAN SEPEDA MOTOR SECARA ONLINE. KONSUMENNYA BUKAN CUMA WISATAWAN LOKAL, TAPI JUGA TURIS ASING


      Anda sedang berlibur di Yogyakarta atau berencana ke kota Gudeg tapi tanpa membawa kendaraan pribadi ?jangan khawatir, tempat penyewaan sepeda motor dapat dengan mudah ditemui di kota yogya. Salah satunya Mandiri Motor yang digawangi Tumpal Pandapotan Sinambela. Ia menawarkan jasa penyewaan sepeda motor, bagi wisatawan yang ingin mengunjungi berbagai obyek wisata di kota yogya. Cukup telpon dan motor pun akan tiba di tempat anda.
        Usaha yang dirintis pria yang akrab disapa bang bela ini rupanya berawal dari keisengannya membuat blog dan memposting tawaran penyewaan sepeda motor. Tapi siapa sangka, keisengannya itu berbuah respon luar biasa dari para konsumennya. Sampai sampai Bela harus menggandeng usaha penyewaan motor lain untuk memenuhi order sewa motor yang membludak. "Awalmya memang cuma iseng, maklum pernah dipercaya menjadi asisten praktikum untuk mata kuliah apresiasi komputer, dan salah satu materinya soal membauat blog. Lalu saya iseng mem-posting penyewaan sepeda motor, dan kaget juga ternyata responnya positif,"terang Bela"

Harga Sewa Ramah Di Kantong
          Bela memulai usahanya di tahun 2010 dengan modal pinjaman dari orangtua sebesar Rp 39 Juta.Modal ini ia gunakan untuk membeli delapan unit motor secara kredit."Respon konsumen yang bagus terbukti, karena hampir tiap hari 8 unit motor yang ada keluar semua untuk disewa," kenang pria kelahiran Pematang Siantar 21 April 1990 ini.Jumlah unit yang terbatas itulah membuat Bela harus menggandeng tempat penyewaan motor, untuk menambah armada dan memenuhi permintaan konsumen yang besar.
          Usahanya terus berkembang, dari hanya delapan unit motor, saat ini Mandiri Motor telah memiliki 62 unit motor. Menurut Bela, hampir tiap hari semua unit motornya keluar untuk disewa. dari situ ia bisa menangguk omzet hingga Rp 50 juta tiap bulan. Setelah dikurangi biaya operasional, gaji karyawan dan biaya servis rutin keuntungan bersih Mandiri Motor rp 25 juta tiap bulannya."Angka yang menggiurkan ya, modalnya padahal cuma jaringan internet dan pandai pandai memasarkan," ujar Bela Bangga.
           Varian sepeda motor yang disewakan di Mandiri Motor cukup beragam, mulai dari Honda Beat, Supra X 125, tamaha mio,suzuki satria hingga motor laki jenis Trail Kawasaki KLX. Harga sewanya pun bervariasi ,untuk jenis motor bebek tarif sewa mulai Rp 45-65 ribu perharinya, sedangkan untuk motor trail 400ribu perharinya."memang kita sengaja memberikan harga terbaik dan pas dikantong, karena segmentasi kita juga mahasiswa mahasiswa yang ada disini. Selain itu kita tawarkan juga sewa motor mingguan dengan harga Rp 300 ribu atau bulanan Rp 900 ribu," imbuh Bela

Delivery Service
          Bisnis yang dimulai secara onlie memang khusus disediakan bagi wisatawan dari luar kota Yogya yang ingin menikmati suasana kota Yogya dengan motor atau mahasiswa yang sekadar ingin jalan jalan keliling kota jogja.
          Berbagai kemudahan juga ditawarkan Mandiri Motor bagi konsumennya antara lain, penyewa motor tinggal menelpon nomor yang tersedia di blog setelahnya tinggal menunggu motor diantarkan."Kosnumen tinggal lihat di blog kita, lalu pilih jenis motor yang kita tawarkan, telpon ke kami dan hari itu juga motor akan diantarkan ke tempat penginapan mereka, terminal, stasiun atau bandara "jelasnya. Asyiknya lagi penyewa motor tidak kena biaya tambahan. Konsep delivery service ini disediakan Mandiri Motor demi kepuasan konsumennya.
           Meski begitu, pelanggan wajib menyiapkan kelengkapan identitas diri seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP). Disamping itu, saat motor diserahkan, pelanggan pun akan difoto sebagai jaminan bersama kartu identitasnya. Layanan tambahannya, Mandiri Motor juga menyediakan helm ber-SNI dan Jas Hujan sebagai kelengkapan berkendara."Penyewa Wajib memiliki SIM C dan bertanggung jawab penuh terhadap kerusakan motor,"jelas bela




Tumpal Pandapotan Sinambela
DENGAN SISTEM DELIVERY SERVICE
MAKIN MEMANJAKAN PELANGGAN







                                                        MOTOR MOTOR YANG DI SEWA
                                           HANYA MODAL JARINGAN INTERNET, OMZET RP 40 JUTA RUPIAH

JARING PELANGGAN LEWAT ONLINE
         Menurut Bela, pemasaran melalui media online terbilang ampuh dalam menjaring pelanggan. Bagaimana tidak, jutaan orang berselancar di dunia maya setiap harinya .Bahkan dengan perkembangan teknologi saat ini, mengakses internet bisa dilakukan dimana saja kapan saja. "Usaha ini 100% mengandalkan marketing online. Media online yang kita gunakan yakni blog gratisan dan iklan gratis serta media  jualan online seperti kaskus dan toko bagus," kata pria lulusan D3 Agroindustri Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.
         Saking minimalisnya media pemasaran yang Bela terapkan sampai sampai tetangga disebelah rumahnya pun tidak tahu kalau Bela memiliki usaha sepeda motor. Maklum saja, Bela tidak pasang Banner atau neon box seperti yang dilakukan rental rental lain.Bagi bela kunci utama dalam memanfaatkan media online sebagai ladang uang adalah dengan terus memantau traffic pengunjung yang datang ke website atau blog yang digunakan. Selain itu, pastikan alamat blog selalu berada di halaman pertama search engine semacam google.
          Bela enggan menikmati kesuksesan Mandiri Motor sendirian. Ia kemudianmebuka peluang kerjasama bagi siapapun yang tertarik mengembangkan Mandiri Motor, entah dalam bentuk investasi modal ataupun dalam  bentuk motor. "Bentuk kerjasama, kita menerima investasi kendaraan dengan sistem bagi hasil 55:45, yakni untuk investor sebesar 55 % dan 45 % untuk kita sebagai pengelola. sedangkan khusus untuk investasi uang, nantinya investor mendapatkan bunga 2 % perbulan jangka waktu investasi minimal 1 tahun,"jelasnya.
          Kendati begitu, kendala dalam mengarungi usaha selalu ada. Misalnya kesulitan menagih uang sewa dari penyewa motor, apalagi si penyewa motor kadang memperpanjang waktu sewa tanpa mempertimbangkan kemampuan finansial mereka untuk membayar ongkos sewa. belajar dari pengalaman itulah, Mandiri Motor tidak mentolerir utang, setiap penyewa ingin memperpanjang masa sewanya maka uang harus disetor terlebih dahulu , baru sewa kendaraan bisa diperpanjang, (IMAM ARIF MAULANA)
By

Comments :

0 comments to “Profil Rental Motor Jogja”

Poskan Komentar