Sewa Motor Jogja

Sewa Motor Jogja
Rental Motor Jogja

Nikmati Napas Tilak Perjuangan Kemerdekaan di Museum Jogja Kembali


Museum Jogja Kembali atau yang memiliki nama resmi Museum Monumen Yogya Kembali adalah salah satu bentuk peringatan yang begitu bermakna akan perjuangan para pahlawan kemerdekaan. Berkunjung ke museum ini akan memperkaya khasanah pengetahuan kita mengenai betapa beratnya perjuangan yang dilakukan oleh para pejuang. Museum ini juga sebagai penanda betapa pentingnya momen ketika Belanda melancarkan Agresi Militernya yang menyebabkan eksistensi Indonesia terancam bahaya. Bagi generasi muda, kunjungan ke museum ini hampir sama dengan membaca salah satu bab mengenai sejarah Indonesia, namun dalam versi yang lebih real dan menyenangkan. Museum ini menyajikan berbagai koleksinya yang menarik sehingga sejarah menjadi jauh dari kesan dari deretan huruf yang membosankan.

Berkunjung ke Museum Jogja Kembali, Napaki Jejak para Pejuang


Museum Monumen Yogya Kembali dibangun pada tahun 1985 dan peletakan batu pertamanya dilakukan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX dan Sri Paduka Paku Alam VIII. Museum ini didirikan atas prakarsa kolonel Sugiarto yang bermaksud mengenang peristiwa mundurnya Belanda dari ibukota RI yang pada waktu itu merupakan Yogyakarta. Pengenangan tersebut selanjutnya diwujudkan dalam bentuk museum Jogja Kembali. Kejadian mundurnya Belanda sendiri memang sangat bersejarah karena merupakan titik penting dalam pengakuan kemerdekaan Indonesia di mata dunia dan bagi dirinya sendiri. Bila Belanda tidak mundur, perjuangan para pahlawan akan lebih berat lagi karena menghadapi musuh dengan peralatan perang yang jauh lebih canggih. 

Terdapat berbagai jenis koleksi yang bisa kita nikmati di museum Yogya Kembali ini. Para pengunjung dapat melihat koleksinya yang berupa realita, foto, dokumen, replika, heraldikam, senjata, dan lain-lain. Selain itu, terdapat pula koleksi museum Jogja Kembali yang dinilai sangat bersejarah, yakni tandu serta kereta kuda yang pernah digunakan oleh Jenderal Soedirman. Bangunan museum ini sendiri terbilang unik karena berbentuk kerucut dengan tiga lantai. Yang tidak kalah penting adalah lokasi museum ini yang dianggap berada pada area “Sumbu Besar Kehidupan”. Hal ini disebabkan lokasi museum ini berada pada titik dan garis imajiner yang menghubungkan Gunung Merapi, Keraton Yogyakarta, Tugu Jogja, Panggung Krapyak, dan Pantai Parangtritis. Makna simbolis ini tentu memiliki arti penting karena menempatkan museum mengenai awal kemerdekaan RI pada lokasi yang begitu penuh akan filosofi Jawa.

Bagi Anda yang berminat berkunjung ke museum ini, terdapat banyak cara yang bisa ditempuh. Lokasi museum ini pada dasarnya sangat mudah dijangkau karena hanya berada di sebelah timur Malioboro. Akan tetapi, agar lebih efisien waktu dan tenaga, kita bisa memanfaatkan jasa rental motor antar jemput. Dengan demikian, kita tidak perlu menghabiskan banyak waktu di jalan karena kebingungan atau karena sehabis mengunjungi spot lain yang letaknya cukup jauh. Anda bisa menghubungi CP 085743130870 untuk informasi yang lebih jauh, terutama untuk penggunaan jasa ke museum Jogja Kembali.

RENTAL MOTOR JOGJA
Telp / SMS 085743130870
Telp / Wa 082134415485
Pin I : 335B1335
Pin II : 5B32E2348
Line : sewamotoryogya atau mandirimotor
Twitter : @mandirimotor atau @sewamotor15ribu
Jl lempuyangan No 8 PJKA 8 (Depan Stasiun Lempuyangan - Neon Box Kuning Mandiri Motor)
Jam Kerja : 07.00 - 17.00

By

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Nikmati Napas Tilak Perjuangan Kemerdekaan di Museum Jogja Kembali"

Posting Komentar