Sewa Motor Jogja

Sewa Motor Jogja
Rental Motor Jogja

Candi Sorogedug Tinggal Reruntuhan


Candi Sorogedug adalah salah satu situs bersejarah yang berada di kawasan Yogyakarta yang saat ini hanya menyisakan reruntuhan. Daerah Istimewa Yogyakarta dikenal sebagai salah satu kota tujuan wisata yang menawarkan cukup banyak situs bersejarah, termasuk situs candi. Ada begitu banyak candi yang megah dan indah dengan arsitektur dan ornament yang menghiasinya, sebut saja Candi Prambanan, Candi Kalasan, Candi Ijo, Candi Sambisari, Candi Barong dan tidak lupa Candi Borobudur yang termasyur. Meski begitu, masih ada sejumlah candi lain yang menurut para ahli hingga saat ini belum ditemukan. Di samping itu, masih ada juga candi – candi yang sudah ditemukan namun dengan kondisi yang cukup memperihatinkan dan hingga saat ini belum dilakukan restorasi atau pemugaran, salah satunya adalah candi Sorogedug ini.

Candi Sorogedug Bukti Kemajuan Artsitektur Jawa Kuno

Saat ini Candi Sorogedug masih berujud reruntuhan candi yang sebagian besar komponennya tersebar di sekitar Pabrik Gula Sorogedug. Letak pabrik tersebut berada di Dusun Sorogedug, desa Madurejo, kecamatan Prambanan yang masuk ke dalam wilayah kabupaten Sleman, Yogyakarta. Sangat berbeda dengan kompleks candi yang lain, di situs ini yang dapat ditemukan oleh wisatawan adalah beberapa buah batu candi dan kemuncak. Bebatuan tersebut tersebar dan tergeletak begitu saja di pinggir jalan. Beberapa batu berhiaskan ornament khas candi dan ada pula yang hanya berupa batu polos. Kemuncak yang bisa ditemukan dan dilihat oleh pengunjung di sana kompleks candi ini adalah puncak Ratna yang jumlahnya ada enam buah yang saat ini ditata dipagar PG Sorogedug. Sayangnya, bebatuan kemuncak tersebut sudah tidak lagi asli, karena sudah dicat dan disemen menjadi satu dengan pagar pabrik.

Pihak yang berwenang atas candi Sorogedug mengaku kesulitan untuk melakukan restorasi atau pemugaran bangunan tersebut lantaran ada cukup banyak komponen batu yang hilang. Bebatuan tersebut banyak yang dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk membangun rumah sehingga saat ini sudah cukup sulit untuk dilacak. Selain itu, para ahli juga kesulitan untuk mengidentifikasi candi ini karena tidak ditemukannya prasasti yang menceritakan tentang situs ini. Hal itu membuat para ahli kesulitan untuk mengetahui asal usul candi ini dan bentuknya secara keseluruhan. Satu – satunya landasan yang dapat digunakan sebagai dasar identifikasi hanyalah ditemukannya Lumping, Yoni dan Kala yang menunjukkan bahwa candi ini adalah candi Hindu. Meski begitu, wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi situs tersebut tetap bisa melihat bagaimana majunya arsitektur Jawa di jaman dahulu dari bebatuan yang ditemukan. 

Letak reruntuhan Candi Sorogedug berada kurang lebih 20 km ke arah timur dari pusat kota Yogyakarta atau sekitar 30 menit berkendara. Untuk bisa melihat langsung reruntuhan candi, wisatawan harus masuk ke dalam kompleks PG Sorogedug. Wisatawan yang berkunjung ke sana tidak dipungut biaya alias gratis dan tidak ada pula biaya parkir.

Untuk bisa ke situs reruntuhan candi, wisatawan bisa menggunakan jasa persewaan sepeda motor MANDIRI MOTOR. Lokasi persewaan sepeda motor ini berada di Jln Lempuyangan No 8 PJKA 8 Yogyakarta atau tepatnya di depan stasiun Lempuyangan. Atau, wisatawan bisa menghubungi nomor telepon di nomor HP 085743130870 atau bisa invite PIN BBM di 335B1335. Disediakan pula layanan delivery order sehingga wisatawan tidak perlu repot – repot mengunjungi kantor jasa persewaan tersebut. Ingin melihat secara langsung reruntuhan candi Sorogedug, gunakan saja sepeda motor karena ini adalah cara tercepat dan termurah untuk bisa ke sana.

RENTAL MOTOR JOGJA
Telp / SMS 085743130870
Telp / Wa 082134415485
Pin I : 335B1335
Pin II : 5B32E2348
Line : sewamotoryogya atau mandirimotor
Twitter : @mandirimotor atau @sewamotor15ribu
Jl lempuyangan No 8 PJKA 8 (Depan Stasiun Lempuyangan - Neon Box Kuning Mandiri Motor)
Jam Kerja : 07.00 - 17.00

By

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Candi Sorogedug Tinggal Reruntuhan"

Posting Komentar