Sewa Motor Jogja

Sewa Motor Jogja
Rental Motor Jogja

Pantai Goa Cemara, Pantai Dibalik Rimbunnya Pohon cemara


Eksotisme Pantai Goa Cemara Berpadu Rimbunnya Cemara Udang

Di wilayah selatan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta berderet sejumlah pantai yang menawarkan kekhasan dan keindahan masing – masing, salah satu yang saat ini ramai dikunjungi wisatawan adalah Pantai Goa Cemara. Pantai ini secara geografis termasuk ke dalam wilayah Desa Gadingsari, kecamatan Sanden, Kabupaten bantul, Yogyakarta. pantai ini sendiri diapit oleh pantai Pandansari dan pantai Kwaru. Seperti halnya kebanyakan pantai yang ada di wilayah Kabupaten Bantul, Goa Cemara juga menawarkan hamparan pasir berwarna hitam dengan deburan ombak yang dikenal cukup besar dan ganas.

Akan tetapi, banyak wisatawan yang mengaku ketagihan berkunjung ke Pantai Goa Cemara karena di sana mereka menemukan sesuatu yang berbeda yang tidak dapat ditemukan di pantai – pantai lain di Indonesia, yaitu tanam cemara udang atau cemara laut. Jika di pantai lain pohon cemara udang yang tumbuh bisa dihitung dengan jari atau maksimal beberapa puluh saja, namun di sini ada ratusan pohon cemara yang sengaja ditanam dan tumbuh besar. Pohon cemara tersebut tumbuh dengan lebat dan menutupi kawasan sekitar pantai. Nama Goa Cemara sendiri diambil dari rimbunnya pepohonan cemara tersebut yang menjadi daya tarik utama pantai ini. 

Menurut beberapa sumber, dulu saat jalur menuju ke pantai mulai dibuka, perambah harus menebang atau membabat beberapa pohon agar punya jalan untuk ke sana. Bekas atau sisa pembabatan tersebut saat ini meninggalkan lorong yang cukup besar yang mirip dengan goa. Setiap wisatawan atau pengunjung yang datang ke Pantai Goa Cemara harus berjalan melewati lorong atau rimbunan pohon cemara tersebut, hal itu membuat udara terasa sejuk yang berbeda dari pantai – pantai lainnya. Hal itu pula yang membuat banyak wisatawan rela berlama – lama di bawah teduhnya pepohonan cemara di pinggir pantai ini. bahkan tidak sedikit yang justru tidak menginjakkan kaki di pinggir pantai, namun hanya duduk – duduk bersama dengan teman di bawah rimbunnya pepohonan. 

Luas areal yang ditumbuhi oleh pohon cemara di Pantai Goa Cemara mencapai 20 hektar. Pohon cemara tersebut pertama kali ditanam pada tahun 2003 oleh masyarakat untuk mengantisipasi gelombang laut yang dapat merusak lahan milik warga. Namun ternyata, langkah tersebut kini berbuah manis karena pantai tersebut saat ini justru diminati oleh wisatawan karena rimbunnya cemara udang yang ditanam warga. 

Selain wisata pantai, di kawasan pantai Goa Cemara juga disediakan are acamping ground dan arena outbond yang biasa dipakai oleh para mahasiswa serta pelajar untuk berkegiatan. Untuk menunjang kenyamanan wisatawan, di sekitar pantai juga disediakan berbagai fasilitas penunjang seperti kamar mandi, musholla serta pendopo untuk beristirahat. Para pengunjung juga dapat menikmati beraneka kuliner khas yang dijual oleh warga sekitar di bawah rerimbunan pohon cemara. Pada hari minggu, warga sekitar juga banyak yang menjajakan hasil bumi, seperti buah, sayur dan umbi – umbian.
Jarak pantai ini dengan pusat kota Yogyakarta adalah sekitar 30 kilometer. Bagi wisatawan yang tertarik untuk berkunjung ke sana, sepeda motor adalah pilihan paling tepat karena terbatasnya alat transportasi umum yang menuju ke pantai tersebut. wisatawan bisa menyewa sepeda motor di MANDIRI MOTOR  yang beralamat di Jl Lempuyangan N0 8 PJKA 8 Yogyakarta. Disediakan pula layanan delivery sehingga anda tidak perlu ke sana. Hubungi saja RentalMotordiJogja.com di nomor telepon di nomor HP 085743130870 jika anda membutuhkan sepeda motor untuk ke pantai Goa Cemara.

RENTAL MOTOR JOGJA
Telp / SMS 085743130870
Telp / Wa 082134415485
Pin I : 335B1335
Pin II : 5B32E2348
Line : sewamotoryogya atau mandirimotor
Twitter : @mandirimotor atau @sewamotor15ribu
Jl lempuyangan No 8 PJKA 8 (Depan Stasiun Lempuyangan - Neon Box Kuning Mandiri Motor)
Jam Kerja : 07.00 - 17.00

By

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pantai Goa Cemara, Pantai Dibalik Rimbunnya Pohon cemara"

Posting Komentar