Sewa Motor Jogja

Sewa Motor Jogja
Rental Motor Jogja

Gua Rancang Kencono Yang Indah Dan Bersejarah


Gua Rancang Kencono, Tempat Berkumpulnya Laskar Mataram

Gua Rancang Kencono adalah salah satu gua yang ada di kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Selama ini, kabupaten Gunung Kidul memang dikenal sebagai daerah yang mayoritas wilayahnya terdiri atas perbukitan karst atau kapur yang gersang dan tandus. Namun ternyata, di balik itu semua, kabupaten paling timur Yogyakarta ini menyimpan berbagai pesona alam yang luar biasa, salah satunya adalah gua – gua alam. Berbeda dengan gua lain yang ada di Gunung Kidul, Rancang Kencono terbilang unik karena dapat dimasuki oleh siapapun tanpa paeralatan dan keahlian khusus. Selain itu, gua ini juga sarat akan cerita sejarah dan mistis.

Gua Rancang Kencono, menurut buku berjudul “Mozaik Pusaka Budaya Yogyakarta” yang disusun oleh Balai Pelestarian Peninggalan Budaya Yogyakarta, merupakan gua purba yang letaknya sejajar dengan Gua BRaholo yang masuk ke dalam wilayah kecamatan Rongkop. Hal tersebut didasarkan atas berbagai penemuan tulang belulang serta artefak yang diperkirakan berasal dari beberapa ribu tahun yang lalu. Gua ini memiliki ruangan yang sangat luas yang dihiasi oleh sebuah pohon Klumpit yang konon sudah berudsia lebih dari 200 tahun. Gua ini, menurut sejarahnya, pernah digunakan oleh Laskar Mataram yang dipimpi oleh Pangeran Diponegoro untuk berkumpul dan mengatur siasat perang melawan tentara penjajah. Nama Rancang Kencono sendiri dalam bahasa Jawa berarti merancang strategi demi tujuan mulia.

Gua Rancang Kencono terbilang cukup mudah untuk dimasuki dan dijelajahi. Di pintu masuk gua, telah disediakan tangga batu yang memang sudah ada sejak dulu. Terdapat sebatang pohon Klumpit yang saat ini tingginya sudah melewati atap gua yang seakan menyambut setiap wisatawan yang masuk ke dalam gua tersebut. Di batang pohon, terdapat lubang bekas pelapukan yang sekaligus menunjukkan bukti bahwa pohon tersebut memang sudah sangat tua. Di dalam gua, terdapat sebuah ruangan yang luas atau pelataran yang dapat dipakai untuk berkumpul banyak orang. Di langit – langit gua, terdapat stalagtit. Sayangnya, banyak di antara stalagtit tersebut yang sudah dalam keadaan mati atau tidak aktif karena sudah tidak lagi meteskan air. Tepat disebelah pelataran di dalam gua, terdapat ruangan kecil gelap gulita. Untuk bisa memasuki ruangan tersebut., pengunjung harus rela menunduk melewati celah kecil. Di dalam ruangan sempit tersebut, terlihat lukisan bendera merah putih yang disertai dengan kata – kata penyemangat yang ditujukan untuk memberikan dorongan kepada pejuang. 

Gua Rancang Kencono, selain memiliki relung yang sempit, juga memiliki sebuah lorong yang konon katanya merupakan penghubung gua dengan air terjun Sri Gethuk. Tidaklah mudah untuk bisa melewati lorong tersebut karena ukurannya yang cukup sempit dan rendah. Pengunjung, saat memasuki lorong harus rela jongkok dan bahkan sesekali merangkak. Menurut cerita penduduk yang tinggal di sekitar gua, sebagian lorong sudah runtuh sehingga saat ini sudah tidak bisa lagi dimasuki. 

Gua Rancang Kencono rasanya saying untuk dilewatkan. Bagi Anda yang tertarik untuk ke sana, moda transportasi terbaik yang bisa Anda gunakan adalah sepeda motor karena tidak ada kendaraan umum yang mencapai lokasi gua. Anda bisa menyewa sepeda motor di Mandiri Motor di nomor telepon di nomor HP 085743130870. Atau, Anda juga bisa melakukan reservasi melalui website RentalMotorDiJogja.com. Sempatkan diri untuk mengunjungi Gua Rancang Kencono yang indah, bersejarah sekaligus mistis saat Anda berada di Yogyakarta.

RENTAL MOTOR JOGJA
Telp / SMS 085743130870
Telp / Wa 082134415485
Pin I : 335B1335
Pin II : 5B32E2348
Line : sewamotoryogya atau mandirimotor
Twitter : @mandirimotor atau @sewamotor15ribu
Jl lempuyangan No 8 PJKA 8 (Depan Stasiun Lempuyangan - Neon Box Kuning Mandiri Motor)
Jam Kerja : 07.00 - 17.00

By

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gua Rancang Kencono Yang Indah Dan Bersejarah"

Posting Komentar