Sewa Motor Jogja

Sewa Motor Jogja
Rental Motor Jogja

Kampung Turis Prawirotaman


Prawirotaman adalah salah satu nama kampong yang ada di Yogyakarta. Menurut sejarahnya, kampong ini dulunya merupakan milik seorang bangsawan keratin Yogyakarta yang karena jasa – jasanya diberi sepetak tanah di sebelah tenggara keratin. Seiring dengan berjalannya waktu, kampong tersebut kemudian berkembang dan mulai dikenal oleh masyarakat luas, hingga saat ini menjadi salah satu kampong yang dikenal memiliki cukup banyak penginapan. 

Bagi masyarakat Yogyakarta, kampung Prawirotaman sejak awal berdirinya memang sudah memiliki peranan yang sangat penting. Di kampung ini, ketika penjajah Belanda menduduki Yogyakarta, para lascar pejuang berkumpul. Setelah Indonesia merdeka, kampung ini beralih fungsi menjadi sentra industry batik, terutama batik cap, yang dikelola oleh keturunan Prawirotomo. 

Pada tahun 1970-an, industri batik cap di kampung tersebut mulai meredup sehingga banyak pengusaha yang notabene adalah keturunan Prawirotomo menghentikan usahanya. Banyak dari mereka yang kemudian mendirikan usaha penginapan sehingga banyak wisatawan mancanegara yang menginap di sana. Seiring waktu berjalan, kampung tersebut kemudian lebih dikenal sebagai kampung turis karena banyakanya penginapan yang berdiri di sana. Hingga saat ini, penginapan yang berdiri di kampung tersebut masih dimiliki dan dikelola oleh keturunan Prawirotomo, meski tidak sedikit pula yang telah berpindah tangan.  

Nuansa kampung Prawirotaman sangatlah khas karena di kanan kiri jalan bisa ditemukan banyak penginapan dengan berbagai konsep, mulai hotel kelas melati, homestay maupun losmen. Banyak pula yang mendirikan usaha kafe di pinggir jalan yang menawarkan suasana santai sembari ditemani live music dari musisi local. Sapaan dengan menggunakan bahasa asing bukanlah hal yang aneh di sana karena memang sebagian besar wisatawan yang menginap berasal dari luar negeri. 

Prawirotaman sejatinya ada tiga, namun yang paling dikenal adalah Prawirotaman I. Dua bagian jalan yang lain, yang berdekatan dengan pasar tradisional, lebih dikenal sebagai jalan Gerilya. Menurut cerita yang berkembang di masyarakat, kedua daerah tersebut dulunya merupakan markas Prajurit Hantu Maut yang merupakan laskar perjuangan melawan penjajah Belanda. Di salah satu sudut jalan, pengunjung bisa menemukan sebuah batu tulis yang memang sengaja dibuat untuk memperingati dan mengenang perjuangan pasukan legendaris tersebut. 

Prawirotaman dapat Anda jadikan alternatif mencari penginapan dengan harga terjangkau. Di kampung yang legendaris tersebut terdapat banyak kafe, artshop, toko buku bahkan pasar tradisional yang menjual berbagai penganan tradisional. Kampung ini juga sering disebut dengan sebutan kampung Backpacker karena memang banyak backpacker asal luar negeri yang menginap di sana. Namun, tidak menutup kemungkinan Anda para wisatawan local menginap di sana. 

Bagi Anda yang tertarik untuk membeli oleh – oleh khas dengan harga terjangkau, kampung ini juga merupakan destinasi yang cukup menarik karena banyak took yang menjual pernak – pernik antik. Salah satu benda antik yang cukup diminati wisatawan adalah peralatan cap batik yang biasa dipakai sebagai hiasan atau bahkan ventilasi rumah.  

Anda yang menginap di kawasan ini dan membutuhkan kendaraan untuk dipakai berkeliling kota Yogyakarta, Anda bisa menyewa motor di Mandiri Motor. Tempat persewaan motor ini cukup diminati karena armada yang disediakan sangat terawatt dan merupakan sepeda motor tipe terbaru. Selain itu, harga atau taruf sewa sepeda motor di Mandiri Motor juga sangat terjangkau. Anda yang menginap di daerah Prawirotaman dapat menghubungi Mandiri Motor di website RentalMotorDiJogja.com untuk menanyakan ketersediaan armada dan reservasi atau melalui nomor telepon  di nomor HP 085743130870

RENTAL MOTOR JOGJA
Telp / SMS 085743130870
Telp / Wa 082134415485
Pin I : 335B1335
Pin II : 5B32E2348
Line : sewamotoryogya atau mandirimotor
Twitter : @mandirimotor atau @sewamotor15ribu
Jl lempuyangan No 8 PJKA 8 (Depan Stasiun Lempuyangan - Neon Box Kuning Mandiri Motor)
Jam Kerja : 07.00 - 17.00

By

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kampung Turis Prawirotaman"

Posting Komentar