Sewa Motor Jogja

Sewa Motor Jogja
Rental Motor Jogja

Menakjubkannya Muara Bengawan Solo Purba di Pantai Sadeng


Ada yang sangat menarik di pantai Sadeng! Pantai ini bukan hanya menyuguhkan pemandangan laut menawan khas Gunungkidul. Namun ada pula sejarah berharga yang sangat mengagumkan dari sisi geologi. Konon, dulunya sungai Bengawan Solo bermuara di pantai ini. Namun sebuah peristiwa geologi bertahun-tahun silam menyebabkan semuanya berubah. Lempeng Australia yang mendesak pulau Jawa membuat aliran Bengawan Solo berbalik. Terciptalah bekas aliran air mongering yang menjadi saksi bisu sejarah peristiwa ini. Pantai Sadeng, tempat bermuranya sungai tersebut pun ikut menjadi bukti akan aliran Bengawan Solo yang dulunya menuju wilayah ini.

Wisata Perikanan dengan Sajian Indah Laut di Pantai Sadeng

Berwisata ke pantai Sadeng memang akan membawa pengalaman Anda menjadi tak biasa. Selain bisa beraktivitas asyik seperti di pantai-pantai lain, Anda juga bisa menelusuri jejak geologi pantai ini yang begitu kaya. Anda bukan hanya akan senang bermain air, layang-layang, hingga bola voli, namun juga akan mendapatkan pengetahuan yang benar-benar baru. Bahkan di pantai ini Anda bisa menikmati pemandangan tak biasa seperti di pantai-pantai lain pada umumnya. Bila pantai selatan pulau Jawa terkenal ganas sehingga sektor perikanannya tak sekuat pantai utara Jawa, maka berbeda dengan nelayan Sadeng. Nelayan di pantai ini bahkan memiliki cerita sebagai pemberani yang mampu melawan mitos.

Konon, awalnya pantai Sadeng dianggap suci sehingga tak boleh ada yang mengambil ikan di wilayah tersebut. Namun beberapa nelayan dari Gombong Jawa Tengah nekat. Kenekatan mereka selain bertentangan dengan kepercayaan warga setempat, juga dihadapkan pada ganasnya ombak Sadeng. Namun kenekatan mereka ini membuahkan hasil. Bahkan saat ini Sadeng menjadi pelabuhan ikan besar di Yogyakarta. Banyak nelayan yang melaut dan menciptakan kultur nelayan yang sebelumnya terpentok mitos. Anda pun dapat menikmati padatnya aktivitas warga di tempat pelelangan ikan. Bila Anda tertarik, jangan segan bertanya. Para warga yang masih tradisional dan ramah akan menyambut Anda dengan tangan terbuka. Tentu saja asalkan Anda sopan dan mereka tidak sedang sibuk. 

Setelah sibuk mengamati aktivitas nelayan, gundukan pasir dekat mercusuar menunggu untuk Anda jadikan tempat peristirahatan. Pemandangan laut luas siap menyambut Anda. Deburan ombak dan birunya laut akan membius Anda dalam keindahannya. Meski ada di wilayah Gunungkidul, namun pemandangan yang akan Anda nikmati di pantai ini sangat “bersih” dari karang. Sangat luas dan sangat lepas. Dari sisi fasilitasnya sendiri , karena termasuk tempat yang cukup sibuk, Anda pun tak perlu mengkhawatirkan adanya beberapa fasilitas mendasar. Hanya saja, Anda jelas harus kompromi bila keadaan fasilitas tersebut tak sepenuhnya mewah dan sempurna. Namun sebenarnya, dengan beginilah Anda bisa menikmati Pantai Sadeng 100%. 

Untuk menuju ke pantai ini sendiri, caranya tak begitu rumit. Anda bahkan bisa menikmati mulusnya jalan beraspal dengan kelok-kelok khas pegunungan. Pantai yang menjadi pelabuhan ikan terbesar di Yogyakarta ini pun siap Anda nikmati. Namun demikian, jangan coba-coba mengandalkan transportasi umum. Kalaupun ada, jam operasional transportasi umum tak menentu dan belum pasti bisa mengantarkan Anda benar-benar ke Sadeng. Sebaiknya, gunakan kendaraan Anda yang lebih praktis seperti motor. Atau sewa saja motor di berbagai tempat rental yang ada di Jogja. Namun, pastikan memilih yang terpercaya. Gunakan jasa sewa motor berkualitas MANDIRI MOTOR. Rental tersebut dapat membawa Anda menikmati indahnya Pantai Sadeng hanya dengan menghubungi telepon  SMS/WA melalui 085743130870, atau BBM 335B1335.

RENTAL MOTOR JOGJA
Telp / SMS 085743130870
Telp / Wa 082134415485
Pin I : 335B1335
Pin II : 5B32E2348
Line : sewamotoryogya atau mandirimotor
Twitter : @mandirimotor atau @sewamotor15ribu
Jl lempuyangan No 8 PJKA 8 (Depan Stasiun Lempuyangan - Neon Box Kuning Mandiri Motor)
Jam Kerja : 07.00 - 17.00

By

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menakjubkannya Muara Bengawan Solo Purba di Pantai Sadeng"

Posting Komentar