Sewa Motor Jogja

Sewa Motor Jogja
Rental Motor Jogja

Sasana Wiratama, Museum Peninggalan Pangeran Diponegoro


Sasana Wiratama atau yang juga dikenal dengan sebutan Museum Diponegoro merupakan musem yang secara khusus didedikasikan untuk mengenang dan mengabadikan perjuangan Pangeran Diponegoro melawan penjajah Belanda. Nama Sasana Wiratama bermakna kediaman para tentara. 

Museum ini terletak di jalan HOS Cokroaminoto TRIII/430, Tegalrejo, Daerah Istimewa Yogyakarta atau sekitar 4 km dari pusat kota Yogyakarta. Untuk dapat mencapai museum, pengunjung harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 30 menit menggunakan kendaraan darat, baik sepeda motor maupun mobil. Museum ini identik dengan monument Pangeran Diponegoro karena memang dulunya merupakan tempat tinggal pahlawan nasional tersebut sebelum melakukan perang gerilya terhadap penjajah Belanda. Pangeran Diponegoro sendiri adalah salah satu anggota keluarga Keraton Yogyakarta yang memutuskan untuk berperang melawan penjajah Belanda. Beliau berjuang selama kurang lebih lima tahun, yakni antara 1825 hingga 1830 sebelum akhirnya ditangkap dan diasingkan ke Makassar. Museum Sasana Wiratama secara khusus didedikasikan untuk mengenang jasa – jasa beliau untuk negeri ini. Museum ini sendiri diresmikan pada tanggal 9 Agustus 1969. Di dalamnya, terdapat cukup banyak benda peninggalan Pangeran Diponegoro, yang dapat dijadikan sumber pengetahuan.

Museum Sasana Wiratama menempat lahan seluas kurang lebih 2 hektar. Bangunan museum menggunakan konsep arsitektur Jawa yang terdiri atas pendopo dan pringgitan. Di dalam bangunan museum, tersimpan berbagai benda bersejarah yang secara langsung berhubungan dengan Pangeran Diponegoro sekaligus budaya Jawa, seperti berbagai senjata tradisional berupa kaeris, tombak, pedang dan panah. Di sana, terdapat sebuah dinding atau tembok yang berlibang, yang dipercaya menjadi jalan keluar Pangeran Diponegoro saat beliau dikepung oleh tentara penjajah. Selain peninggalan Pengeran Diponegoro, di dalam museum juga tersimpan berbagai peninggalan Sri Sultan Hamengkubuwono II, mulai dari gendang atau ketipung hingga wilahan alat music tradisional Jawa bonang panembung yang terbuat dari perunggu dan kayu berwarna merah beraksen kuning. Benda peninggalan 
yang disimpan di dalam museum jumlahnya lebih dari 100 buah yang usianya sudah lebih dari 100.

Saat memasuki komplek museum Sasana Wiratama, pengunjung akan dapat melihat dua buah meriam tua yang berada di depan dan di sebelah timur pendopo. Terdapat pula berbagai peninggalan berupa alat rumah tangga, misalnya tempat sirih, canting atau alat membatik, teko hingga bokor perunggu. Di museum ini, pengunjung akan dapat mengetahui bagaimana tentara Pangeran Diponegoro saat berjuang melawan penjajah. Tempat ini akan sangat ideal untuk dijadika tujuan bagi para pelajar dan mahasiswa yang ingin mengetahui bagaimana rekam jejak Pangeran Diponegoro saat menghadapi penjajah di jaman dulu.

Untuk dapat mengunjungi museum Pangeran Diponegoro, pengunjung harus menggunakan kendaraan pribadi karena kendaraan umum tidak mencapai lokasi tersebut. Moda transportasi yang paling cocok untuk dipakai adalah sepeda motor, terutama jika Anda hanya sendiri atau berdua. Anda bisa mendapatkan sepeda motor dengan cara menyewanya di Mandiri Motor nomor telepon (0274) 9601040 atau di nomor HP 085743130870 atau di website kami ini. Disediakan sepeda motor tipe terbaru dengan tariff yang sangat kompetitif. Anda tidak perlu datang ke kantor, karena Mandiri Motor juga menyediakan layanan antar jemput yang tentunya akan memudahkan Anda dalam mendapatkan sepeda motor. Ada baiknya Anda melakukan reservasi atau booking terlebih dahulu karena saat musim liburan tiba, akan ada banyak wisatawan yang menggunakan jasa persewaan motor ini. Jadi, sempatkanlah untuk melihat peninggalan Pangeran Diponegoro saat Anda berada di Yogyakarta dengan mengunjungi Sasana Wiratama.

RENTAL MOTOR JOGJA
Telp / SMS 085743130870
Telp / Wa 082134415485
Pin I : 335B1335
Pin II : 5B32E2348
Line : sewamotoryogya atau mandirimotor
Twitter : @mandirimotor atau @sewamotor15ribu
Jl lempuyangan No 8 PJKA 8 (Depan Stasiun Lempuyangan - Neon Box Kuning Mandiri Motor)
Jam Kerja : 07.00 - 17.00

By

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sasana Wiratama, Museum Peninggalan Pangeran Diponegoro"

Posting Komentar