Sewa Motor Jogja

Sewa Motor Jogja
Rental Motor Jogja

Tebing Kayangan Tawarkan Keindahan Yang Tiada Duanya


Tebing Kayangan adalah salah satu objek wisata alam yang letaknya kurang lebih 25 km ke sisi barat pusat kota Yogyakarta. Secara administrative, objek wisata ini termasuk ke dalam wilayah desa Pendoworejo, Kecamatan Girimulyo, kabupaten Kulon Progo, propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. tebing ini sendiri merupakan kebanggaan masyarakat desa Pendoworejo yang menawarkan pemandangan alam yang luar biasa indah berupa sungai yang berkelok – kelok dan dihiasi dengan keindahan bebatuan khas daerah perbukitan maupun pegunungan. Satu spot yang membuatnya begitu unik adalah adanya tebing yang menjulang tinggi yang bisa disebut sebagai ikon dari objek wisata ini. Di samping itu, wisata Tebing Kayangan juga menawarkan keindahan pemandangan alam khas pedesaan berupa daerah persawahan yang hijau membentang. 

Akan tetapi, wisata alam Tebing Kayangan bukan hanya keindahan alam namun lebih daripada itu, juga merupakan nadi bagi masyarakat yang tinggal di sekitar objek wisata tersebut, terutama dengan adanya Bendung Kayangan. Menurut penuturan warga sekitar, bendungan ini dibuat oleh Mbah Bei Kayangan yang adalah seorang abdi dalem Keraton Yogyakarta pada jaman pemerintahan Prabu Brawijaya. Diceritakan bahwa Mbah Bei Kayangan lari setelah peperangan dengan Majapahit bersama dengan dua orang lain, yakni Kyai Somaitra dan Kyai Diro, ke daerah yang saat ini termasuk ke dalam wilayah Desa Pendoworejo. 

Bagi masyarakat sekitar, Mbah Bei Kayangan sudah dianggap sebagai cikal bakal adanya dusun Kayangan. Karena dalam pelariannya, dirinya melakukan semedi di tempuran atau titik pertemuan dia sungai, yakni Sungai Gunturan dan Sungai Ngiwa. Pada saat bersemedi atau bertapa itulah, konon Mbah Bei mendapatkan petunjuk atau wangsit agar membuka lahan yang akan digunakan sebagai daerah pemukiman, persawahan dan lading. Untuk merealisasikannya, Mbah Bei berinisiatif untuk membuat bendungan agar kebutuhan air dapat terpenuhi. Bedungan itulah yang kemudian menjadi urat nadi kehidupan masyarakat yang tinggal di desa Pendoworejo karena menjadi sumber irigasi persawahan di daerah tersebut. 

Wisatawan yang pernah menginjakkan kaki di Tebing Kayangan, mengaku sangat terpersona dengan keindahan alamnya. Panoramanya yang masih begitu asli dan alami seakan menjadi satu hal yang akan sangat sulit untuk ditemukan di daerah manapun. Untuk bisa mencapainya, wisatawan harus melewati rute Jln Godean sampai ke simpang empat Kenteng dan terus mengambil jalan lurus ke barat atau menuju ke perbukitan Menoreh. Setelah menemukan simpang empat, ambil arah kanan sekitar 1 km hingga menemukan sebuah masjid di kanan jalan. Masuk gang perkampungan di depan masjid sejauh kurang lebih 900 meter dan Tebing Kayangan akan dapat ditemukan.

Cara terbaik untuk pergi ke objek wisata yang belum banyak dikunjungi oleh wisatawan tersebut adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi karena alat transportasi umum belum tersedia. Sepeda motor adalah opsi terbaik karena akan dapat dengan mudah mencapai lokasi tanpa harus berganti kendaraan. Untuk mendapatkannya, Anda bisa menyewa di MANDIRI MOTOR yang berlokasi di Jln Lempuyangan No 8 PJKA 8 Yogyakarta atau di depan stasiun Lempuyangan. Disediakan sepeda motor tipe terbaru dengan tariff yang jauh lebih murah dibandingkan jika menyewa mobil. Disediakan pula layanan delivery; layanan ini disediakan untuk mempermudah Anda dalam mendapatkan sepeda motor. Cukup siapkan identitas diri dan melakukan booking ke nomor telepon RentalMotorDiJogja.com di 0274-9601040 atau dinomor HP 085743130870. Dan, nikmatilah petualangan yang tak akan terlupakan di Tebing Kayangan.

By

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tebing Kayangan Tawarkan Keindahan Yang Tiada Duanya"

Posting Komentar