Sewa Motor Jogja

Sewa Motor Jogja
Rental Motor Jogja

Gua Kidang Kencana, Legenda Seekor Kijang


Gua Kidang Kencono Masih Perawan

Gua Kidang Kencana adalah sebuah gua yang terletak di pedukuhan Sabrang Kidul, desa Purwosari, kecamatan Giriwulyo, kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Gua ini terbilang masih sangat perawan karena belum lama dibuka dan diresmikan untuk wisatawan. Kedalaman lorong gua yang berada di perbukitan menorah ini sekitar 150 meter serta memiliki sungai bawah tanah yang dipercaya oleh penduduk setempat tembus ke gua Kiskendo yang berada di Desa Jatimulyo. Akan tetapi, pintu keluar gua tertutup oleh sebongkah batu besar sehingga tidak dapat dilalui oleh manusia. 

Gua Kidang Kencana menurut penduduk setempat berawal pada sekitar tahun 1500 saat ada seseorang dari Keraton bernama Bongsoriyo bin Mangun Slamet Arjoyo tinggal di desa sekitar gua. Dia adalah seorang ahli di bidang pertanian dan peternakan. Saat sedang menggembalakan ternaknya, Bongsoriyo beristirahat di sebuah batu yang bentuknya mirip dengan seekor kuda. Batu tersebut hingga saat ini masih ada dan dinamai Watu Wajan. Saat dirinya hendak pulang membawa ternaknya, dirinya melihat seekor ternaknya belum pulang dan saat didekati ternyata ternak tersebut bukanlah kerbau namun seekor warak dengan kondisi sangat kotor. Tempat tersebut saat ini dinamai Gupakan. Pada waktu yang berbeda, dirinya kembali menggembalakan ternak dank arena saking lelahnya, dia tertidur. Saat itulah, dirinya bermimpi bertemu dengan Ahmad Munir, sehingga tempat tersebut sekarang dinamai Ahmad Munir. Saat menjadi penggembala dirinya menemukan kambingnya bertambah namun satu di antaranya memiliki bentuk berbeda. Ternyata, hewan tersebut bukanlah kambing namun kijang atau kidang. Dirinya berusaha menangkap kijang tersebut, namun ternyata si kijang berlari dan masuk ke sebuah lubang, yang kemudian dinamai Kidang Kencana. Mbah Bongsoriyo sendiri dianggap sebagai leluhur desa Purwosari.

Gua Kidang Kencana memiliki ornament yang cukup lengkap. Saat masuk ke dalam gua, suara air mengalir menggema di dalam gua. Di dalam gua, juga terdapat kelelawar. Dibandingkan dengan gua yang lain, Kidang Kencono terbilang cukup unik karena memiliki enam spot yang merupakan buatan alam dengan komposisi batuan yang sangat menakjubkan. Keenam spot tersebut memiliki nama sendiri – sendiri berdasarkan bentuknya, yaitu Ringin Kurung yang menyerupai pohon beringin besar, Candi Sewu yang berbentuk stupa candi, Bulus yang mirip dengan kura – kura, Pancuran Manik yang mirip dengan air terjun serta Langkit Kuntoro. Menurut cerita penduduk sekitar, hingga saat ini masih sering terlihat dua ekor kijang yang berkeliaran di sekitar gua. Gua ini sendiri, meski belum lama dibuka namun sangat aman untuk disusuri, bahkan oleh pemula sekalipun. Namun, sangat dianjurkan agar pengunjung yang ingin masuk membekali diri dengan alat penerangan berupa senter serta helm pelindung kepala mengingat kontur lorong gua memiliki karakteristik berbeda – beda.

Gua Kidang Kencana dapat dengan mudah dijangkau dengan sepeda motor karena belum ada moda transportasi umum menuju ke sana. Bagi Anda wisatawan yang tidak membawa sepeda motor, Anda bisa menyewanya di Mandiri Motor yang ada di Jln PJKA 8 No 8, Lempuyangan, Yogyakarta atau di depan stasiun Lempuyangan. Atau, Anda bisa menghubungi nomor telepon (0274) 9601040 atau nomor HP 085743130870 atau melakukan booking secara online di Website RentalMotorDiJogja.com. Tersedia sepeda motor tipe terbaru dan bagi Anda yang tidak ingin repot, disediakan pula layanan antar jemput, jadi Anda tinggal enyiapkan dokumen atau syarat yang diperlukan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai ketersediaan dan tariff sewa motor yang akan Anda pakai ke Gua Kidang Kencana, Anda bisa menghubungi nomor telepon di atas.

RENTAL MOTOR JOGJA
Telp / SMS 085743130870
Telp / Wa 082134415485
Pin I : 335B1335
Pin II : 5B32E2348
Line : sewamotoryogya atau mandirimotor
Twitter : @mandirimotor atau @sewamotor15ribu
Jl lempuyangan No 8 PJKA 8 (Depan Stasiun Lempuyangan - Neon Box Kuning Mandiri Motor)
Jam Kerja : 07.00 - 17.00

By

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gua Kidang Kencana, Legenda Seekor Kijang"

Posting Komentar