Sewa Motor Jogja

Sewa Motor Jogja
Rental Motor Jogja

Jalan-jalan ke Gunung Kidul? Mampir Dulu Ke Thiwul Yu Tum


Thiwul Yu Tum adalah salah satu tempat favorit bagi Anda yang ingin mencoba “kudapan” unik berupa makanan olahan yang berasal dari singkong di Gunung Kidul bernama thiwul. Anda yang berada di luar DIY dan Jawa Tengah mungkin agak asing dengan istilah thiwul ini. Sebagai gambaran umum, thiwul merupakan makanan olahan dari singkong yang dibuat dengan cara menjemur umbi ketela pohon (singkong) hingga mengering. Singkong yang kering ini biasa dikenal sebagai gaplek. Gaplek kemudian ditumbuk hingga hancur kemudian dikukus. Hasilnya berupa makanan dari singkong yang memiliki tekstur lembut dan cukup enak untuk disantap. Thiwul disajikan dengan tambahan pemanis seperti gula pasir putih atau gula jawa supaya memiliki rasa yang semakin lezat. Menariknya, di tempat Yu Tum thiwul ini juga dikemas dengan tambahan rasa lain seperti coklat atau keju sehingga menjadi kudapan yang semakin menarik.

Lokasi dari Thiwul Yu Tum sendiri berada di Jl. Pramuka 36 Wonosari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Kalau dari pusat kota, tempat ini mungkin bisa dicapai antara kurang lebih 45 sampai 60 menit. Ada baiknya Anda tidak hanya berkunjung untuk menemukan thiwul di Gunung Kidul karena ada banyak tempat wisata yang bisa disambangi di alam Gunung Kidul ini. Tentu saja, thiwul bisa menjadi salah satu tempat wisata kuliner di sela-sela penjelajahan Anda. Melirik sejarah singkat dari tempat jual thiwul ini, Yu Tumirah sudah berkiprah menjajakan sajian thiwul ini sejak tahun 1985. Awal mulanya Yu Tum menjajakan thiwul dengan cara berjualan keliling. Lama kelamaan thiwulnya berkembang pesat menjadi makanan yang khas dan akhirnya berkembang hingga sekarang ini.

Thiwul Yu Tum Legendaris yang Dulunya Makanan Jaman Penjajah

Thiwul sendiri sebenarnya merupakan makanan pengganti nasi di saat jaman penjajahan. Masyarakat Gunung Kidul menjadikan thiwul sebagai makanan pokok di samping nasi yang bisa menjadi sumber pengenyang perut cukup bagus. Tekstur dari singkong yang pulen dan gurih ini bisa disantap dengan berbagai macam lauk bila belum ditambahkan dengan rasa manis. Lambat laun, seiring dengan perkembangan jaman thiwul kemudian mulai ditinggalkan sebagai makanan pokok pengganti dan menjadi kudapan atau jajanan. Akhirnya, thiwul menjadi sebuah menu istimewa yang lambat laun cukup dikenal sebagai makanan khas Gunung Kidul. Cukup unik ya sejarahnya?

Di gerai Thiwul Yu Tum sendiri proses pengolahannya masih menggunakan cara tradisional yaitu dengan menggunakan tungku tradisional berbahan bakar kayu yang disebut sebagai luweng. Kuali yang digunakan adalah kuali dari logam dan menggunakan kukusan kerucut yang terbuat dari bambu. Ini dimaksudkan supaya tetap menjaga cita rasa khas dari thiwul yang tetap memiliki tekstur originalnya. Anda bisa langsung memesan thiwul yang masih hangat-hangatnya dengan berbagai macam pilihan rasa. Tidak hanya itu, berbagai macam pilihan jajanan lain seperti keripik, gathot dan gethuk goreng juga bisa Anda jadikan sebagai oleh-oleh dari Gunung Kidul. Asyik ya!

Jadi, tunggu apa lagi? Supaya lebih leluasa pada saat menjelajah Gunung Kidul termasuk mampir ke pusat oleh-oleh thiwul ini, Anda bisa menggunakan sepeda motor. Sewa saja sepeda motor dengan harga yang terjangkau hanya di Mandiri Motor Jogjakarta. Hubungi nomor telpon (0274) 9601040 atau bisa melalui SMS/WA di nomor 085743130870. Menggunakan sepeda motor bisa membuat Anda lebih seru dalam berpetualang di Jogjakarta karena bisa mengakses berbagai medan untuk menemukan surga-surga tersembunyi di sini. Seusai berpetualang, jangan lupa mampir ke Thiwul Yu Tum untuk membeli oleh-oleh thiwul yang sangat khas dan bisa ditemukan di sini.
RENTAL MOTOR JOGJA
Telp / SMS 085743130870
Telp / Wa 082134415485
Pin I : 335B1335
Pin II : 5B32E2348
Line : sewamotoryogya atau mandirimotor
Twitter : @mandirimotor atau @sewamotor15ribu
Jl lempuyangan No 8 PJKA 8 (Depan Stasiun Lempuyangan - Neon Box Kuning Mandiri Motor)
Jam Kerja : 07.00 - 17.00

By

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jalan-jalan ke Gunung Kidul? Mampir Dulu Ke Thiwul Yu Tum"

Posting Komentar